Home » , , » Jangan Tertipu Kimchi Kemasan

Jangan Tertipu Kimchi Kemasan

Kimchi??? enakkah???? http://eemoticons.net

baca ulasan berikut!!!! agar tidak tertipu......



Kimchi, makanan fermentasi khas korea yang katanya sangat bagus buat kesehatan kita. Kalau melihat proses pembuatannya waktu di drama korea, terlihat sangat menggiurkan,,, Bubuk cabai yang banyak, sayur yang seger, dibuat bersama-sama dengan keluarga. lezaaaatttt...... Tapi cuma kelihatannya saja, ternyata rasanya kacau tidak sesuai dengan selera lidahku, mungkin juga lidah Indonesia. Kok tahu? Apa pernah ke Korea? Pasti itu pikiran kalian kan???? hohohoho..... Tentu saja tidak. Karena saking penasarannya, aku cari di supermarket terdekat ternyata ada. Biar kalian tidak kecewa waktu mencoba resep berikut, ni aku terangkan rasanya kimchi kemasan. Rasanya tidak enak, asem/kecut, asin, bau bawang putihnya menyengat, baunya tidak enak, tidak pedes. Teman-teman kos waktu ku minta untuk mencoba langsung istilah jawanya "nglepeh" , bahasa Indonesianya apa ya????   Tapi mungkin kalau buat sendiri, jadi bisa mengatur rasa sesuai kehendak. Ini resep belum aku coba, tapi ku share aja siapa tahu enak....

Berikut bahan-bahan yang digunakan:

2 kg sawi putih
1/2 cangkir garam
Untuk bubur:
1-2 sdm tepung beras ketan
3/4 cangkir air putih
1 sdm gula

Untuk bumbu pasta:
1/2 cangkir cabe kering bubuk
1/4 cangkir kecap ikan, kami menggunakan kecap rasa cumi-cumi, resep asli selain menggunakan kecap ikan juga ditambah cumi-cumi mentah
1/2 siung bawang bombay/ 1 siung yang ukurannya kecil
6 siung bawang putih
1 ruas jahe
1-2 wortel diiris korek api
2 bawang daun diiris
Cara membuatnya:
1. Sawi dipotong-potong, bagian tangkai dipotong lebih kecil dibandingkan bagian daunnya. Setelah itu direndam dan didiamkan beberapa saat. Perendaman dengan air akan mempermudah proses pengasinan sawi pada tahap selanjutnya. Sawi bisa juga dibiarkan tanpa dipotong, langsung diberi garam keseluruh permukaan luar maupun dalam. Untuk cara ini, garam yang digunakan lebih banyak dan lebih lama waktu inkubasinya.
2. Setelah direndam dalam air, tiriskan sawi kemudian pindahkan ke dalam wadah yang kering, Taburi sawi dengan garam secara merata. Diamkan selama kurang lebih 1,5 jam. Aduk-aduk setiap 30 menit sekalli. Jika garam belum meresap dan rasanya masih kurang asin diamkan lebih lama.
3. Aduk rata semua bahan bubur tepung dalam sebuah panci. 
4. Nyalakan api dan didihkan sambil terus diaduk. Setelah mendidih dan adonan mengental, angkat kemudian dinginkan. 
5.  Siapkan bumbu-bumbu, iris wortel dan bawang daun.
6. Haluskan/blender bawang bombay, bawang putih, jahe dan kecap ikan.
·         7. Campurkan bubur tepung yang sudah dingin dengan bumbu halus dan cabe bubuk sampai membentuk pasta.
·       8. Aduk bumbu pasta bersama dengan irisan wortel dan bawang daun. 
     9. Setelah 1,5 jam, sawi akan asin dan berair. Buang airnya, kemudian cuci bersih sawi hingga 3 kali bilasan dalam wadah kering yang bersih, campurkan pasta cabe dan sawi sedikit demi sedikit.
10. Setelah semua teraduk rata, kimchi bisa langsung disantap atau dikemas dalam wadah plastik/gelas. Usahakan kemasannya padat, tidak ada rongga udara.
11. Untuk proses pengasaman/fermentasi, diamkan kimchi selama 1-2 hari pada suhu  ruang. Proses fermentasi di suhu dingin akan berlangsung sangat lambat.

Resep ini aku dapat dari lebih-kreatif.blogspot.com, tapi belum aku coba,hehehe.... http://eemoticons.net

SELAMAT MENCOBAAA......!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Q sadar tulisan ini mungkin tiada arti, namun dengan sedikit torehan kata darimu mungkin kan menjadikannya sesuatu yang berarti.

INDAHNYA BERBAGI
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. CatatanKu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by CATATANKU
Proudly powered by Blogger